Pages

Kamis, 13 Februari 2014

Sejarah Israel

Perang salib mungkin telah lama padam. Namun, terjadi konflik berkepanjangan antara Bangsa Arab dengan Yahudi. Konflik itu terjadi selama satu abad sebagai perang politik terbuka. Berawal dari adanya gerakan antisemitisme yang dilakukan oleh beberapa negara di dunia. Yang terparah adalah tindakan Hitler di Jerman. 

Gerakan itu melahirkan reaksi dari kaum Yahudi berupa gerakan Zionisme sedunia. Gerakan ini digagas oleh Dr. Theodore Herzl(1896), seorang Yahudi Hongaria di Paris. Kongres kaum Zionis pertama di Basel, Swiss tahun 1897, menetapkan Palestina sebagai pilihan. Hal itu berdasarkan latar belakang historis untuk mengembalikan ”Haikal Sulaiman” yang merupakan lambang puncak kejayaan Kerajaan Yahudi di tanah Palestina. Negara Israel lambat laun semakin berkembang di Palestina, dan mengusir rakyat Palestina ke Gaza. Gaza masih belum dapat ditaklukan dengan adanya Hamas sebagai pelindung. Beberapa cara sudah dilakukan untuk mendamaikan kedua bangsa ini. Salah satunya adalah Peta menuju perdamaian yang diajukan oleh Empat Serangkai Uni Eropa, Rusia, PBB dan Amerika Serikat pada 17 September 2002. Israel juga telah menerima peta itu namun dengan 14 "reservasi". Bahkan Israel sempat menyatakan untuk menyingkirkan seluruh "kehadiran sipil dan militer yang permanen" di Jalur Gaza. Namun, semua hanya rencana. Perang terus berlangsung, dan rakyat terus menjadi korban. Semoga saja ada keajaiban yang dapat menghentikan perang panjang ini. 
Kota Israel - Kisah Panjang Kota Suci Tiga Agama
Yerusalem yang diklaim oleh Israel sebagai kota Israel adalah kota suci 3 agama dengan jumlah pengikut paling besar di dunia. Kota yang saat ini diklaim sebagai kota Israel ini telah memicu konflik panjang, terutama antara Palestina dan Israel. Ternyata jauh sebelumnya, telah terjadi peperangan dan pergantian kekuasaan di Yarusalem, kota yang diklaim sebagai kota Israel. Berikut rentetan kisah panjang kota yang diklaim sebagai kota Israel.
·     Bangsa Kana’an yang datang dari tenggara menyebut kota yang diklaim sebagai kota Israel ini dengan nama Yerusalem, nama dewa bangsa Kana’an.(2500 SM)
·     Bangsa Amorit memasuki Yerusalem (kota Israel) dari tenggara, disusul dengan bangsa Fenisia dari utara. (2000 SM)
·     Bangsa Filistina menduduki selatan kota yang diklaim oleh Israel sebagai kota Israel ini. Bani Israel yang pergi dari Mesir bersama Nabi Musa dan Nabi Harun mendatangi sekaligus menduduki bagian timur Laut Mati sehingga mendesak kedudukan bangsa Kana’an. (1200 SM)
·     Nabi Daud menaklukkan kota Yerusalem (kota yang saat ini diklaim oleh Israel sebagai kota Israel).
·     Masa kekuasaan raja-raja bangsa Israel. (1025 SM-586 SM)
·     Bangsa Filistina berhasil mengalahkan Raja Saul kemudian mengambil Tabut Perjanjian. (1010 SM)
·     Kerajaan Asuriah dan Babilonia berhasil menguasai Yerusalem (kota yang diklaim sebagai kota Israel) setelah mengalahkan Israel dan Yudea. Raja Nebuchadnezzar II (605 SM-562 SM) menawan bangsa Yahudi di Babilonia. (722 SM-586 SM)
·     Pengasingan bangsa Yahudi ke Babilonia. (587 SM)
·     Kerajaan Persia yang dipimpin Cyrus berhasil mengalahkan Babilonia dan Cheldania (Irak) kemudian menduduki Yerusalem (kota yang diklaim sebagai kota Israel). Pada waktu itu, orang-orang Yahudi yang ditahan diperbolehkan kembali ke Yerusalem (kota yang diklaim sebagai kota Israel). (539 SM-331 SM)
·     Israel mengakui secara sepihak Yerusalem sebagai ibu kota Isreal meskipun tidak diakui dunia internasional. (1950)
·     Setelah Perang Enam Hari, bagian barat dan timur Yerusalem (kota yang diklaim sebagai kota Israel) semuanya dikuasai oleh Israel. (1967)
·     Munculnya aksi Intifada II setelah Perdana Menteri Israel berkunjung ke Tembok Ratapan. (2000)
Itulah sejumlah kisah panjang Yerusalem, kota suci tiga agama yang diklaim oleh Israel sebagai kota Israel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar